Jumat, 23 Desember 2011

contoh pemisahan mineral dan metodenya


1.  FeTiO3
Metode : Ferro-magnetism
Yaitu dengan perbedaan gaya magnet mineral FeTiO3 yang melalui medan magnet. Kemudian perbedaan gaya magnet ini dibantu dengan gaya gravitasi atau gesekan, mengakibatkan penyimpangan-penyimpangan dari particles dalam melewati medan magnet tersebut. Mineral Fe akan tertarik oleh medan magnet  sebagi concentrate.
2. TiO3
Metode : Heavy Liquid Dissociation.
Letakkan pemisahan saluran di ring kawat selama termos dengan saluran filter keramik.Tuangkan ~ 60 gram sampel bahan ke dalam saluran yg memisahkan berisi cairan berat 2,67 densitas (larutan heteropolytungstates lithium dalam air, LST). Biarkan saluran duduk sampai semua biji-bijian yang jatuh melalui cairan berat sedimen-bebas di dekat bagian bawah saluran telah diselesaika. Mineral berat akan melewati kunci pipa dan mengumpulkan pada filter, Lakukan ini beberapa kali atau sampai tidak ada mineral lebih berat menetap. Sehingga akan di dapat concentrate.
3. ZrSiO4
Metode : Heavy Liquid Dissociation.
Sama dengan pemisahan pada mineral TiO3. Akan tetapi, langkah2 yang di ulang lebih lebih dari langkah2 pada TiO3. Letakkan pemisahan saluran di ring kawat selama termos dengan saluran filter keramik.Tuangkan ~ 60 gram sampel bahan ke dalam saluran yg memisahkan berisi cairan berat 2,67 densitas (larutan heteropolytungstates lithium dalam air, LST). Biarkan saluran duduk sampai semua biji-bijian yang jatuh melalui cairan berat sedimen-bebas di dekat bagian bawah saluran telah diselesaika. Mineral berat akan melewati kunci pipa dan mengumpulkan pada filter, Lakukan ini beberapa kali atau sampai tidak ada mineral lebih berat menetap.
4. (Ce,La,Y,Th)Po4
Metode : Screen
Mineral (Ce,La,Y,Th)Po4 dimasukkan ke dalam vibrating screen shaker, kemudian vibrating screen shaker atau ayakan Terjadi goyangan dan getaran, sehingga material-material yang berada diatas yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ayakan (mesh) turun, tetapi material-material yang ukurannya lebih besar dari ukuran ayakan tetap berada dalam ayakan. Mineral-mineral/partikel-partikel yang tertahan pada  ayakan diberi tanda + ukuran mesh. Sebaliknya mineral-mineral/partikel-partikel yang lolos dari ayakan diberi tanda – ukuran mesh.
5. SnO2
Metode : shaking table
Digunakan untuk mineral berat seperti SnO2. Mineral SnO2 dimasukkan ke dalam plate of tast, kemudian air dialirkan dengan arus yang deras, ini lakukan supaya mineral2 yang ringan akan terdorong atau bereaksi dengan air seperti O2. Mineral berat  Sn akan terhalang oleh riffle-riffle,  dan akan bergerak  mengikuti gerakan meja yang selanjutnya menjadi produk konsentrat.
6. CuFeS2
Metode : Vanner
Pada proses konsentrasi menggunakan vanner, mineral-mineral berat bertahan pada dasar deck/ban, kemudian oleh karena ban bergerak kearah kiri sehingga sampai di ujung ban akhirnya mineral berat jatuh ke penampungan konsentrat. Mineral-mineral ringan terbawa oleh arus, bergerak mengikuti aliran dan akhirnya jatuh kepenampungan tailing. Pada Mineral CuFeS2 mineral konsentrat yang di dapat adlah CuFe, yang kemudian kita gunakan metode chemical reactivity yaitu dengan menambahkan asam sulfat So4. Sehingga reaksi yang di dapat CuFe + So4 ---- Cu + FeSo4. Concentrate yang di dapat adalah Cu. Kemudian untuk FeSo4 ditambahkan dengan H20. Reaksi yang dihasilkan FeSo4 + H2O ---- Fe + H2OSo4. Concentrate terakhir yang di dapat adalah Fe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar